HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.162.152.232
Pengunjung : 199.512






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI

Berita Kegiatan :



My Adventure

Sabtu; 24 June 2017 [Admin, SMP TARAKANITA GADING] - Berita Umum

My Adventure

Ekspresikan Bakatmu dalam Fotografi

 

Halo, semuanya! Perkenalkan nama saya Gusti Bagus Surya Gunawan. Kalian bisa panggil saya Surya atau kalau mau kerennya sih Ayrus (hehehe… itu panggilan dari temen saya). Saya mengambil bagian dalam ekstrakurikuler fotografi di SMP Tarakanita Gading Serpong. Apa fotografi itu? Menurut saya pribadi, fotografi adalah seni lukis digital yang menggunakan alat bernama kamera dan sedikit ekspresif. Ya, kalian sudah tahu kamera bukan?

Tapi yang terlintas di pikiran kalian pasti kamera yang mahal-mahal dan keren-keren. Fotografi tidak harus menggunakan kamera yang seperti itu, yang biasa disebut DSLR atau yang lebih advancenya lagi adalah kamera mirorless. Sebenarnya, kalian juga bisa kok memulai fotografi menggunakan kamera pocket, yang kecil itu lho... yang tidak terlalu mahal. Nah, kalo kalian tertarik, maka bisa dimulai mempraktikan. Pertama kali ikut ekskul ini, saya juga menggunakan kamera itu. Hanya pada waktu itu saya mulai menggunakan kamera pocket yang sudah lumayan bagus. Tapi, ya namanya juga masih kamera pocket. Hasil foto juga tidak terlalu berpengaruh di kamera, tapi lebih ke pengguna. Jadi, kalau mau hasilnya bagus maka kita perlu  memahami teorinya dan mempraktikannya.

Saya sendiri sudah mendalami fotografi sekitar 2 tahun. Tapi, ya... masih ada kurang-kurangnya dikit. Misalnya, saya itu masih kurang cepat menagkap moment, karena saya kebanyakan berpikir (hehehe...). Tapi, saya memang orangnya suka telmi (telat mikir). Oya, pasti kalian bertanya-tanya. Saya belajar fotografi dari mana sih? Nah, saya itu belajar fotografi dari sekolah. Emangnya ada kegiatan fotografi di sekolah? Ooo... jelas ada. Di SMP Tarakanita Gading Serpong sih ada, dan pada waktu say bergabung tuh awalnya saya bingung mau menggunakan kamera jenis yang mana, karena waktu itu saya mengira bahwa ekskul fotografi itu harus pake kamera DSLR. Saya merasa sangat beruntung karena di ekskul fotografi ini saya memiliki banyak teman. Dalam mengikuti ekskul fotografi ini yang paling penting adalah niat untuk mencoba mendalami fotografi. Hasilnya? Tidak usah ditanya, nanti kalian akan merasakannya sendiri.

Selama 2 tahun saya mengikuti ekskul fotografi ada banyak hal yang tidak dapat saya jelaskan, seperti kejadian-kejadian yang tak terduga maupun kejadian yang tak masuk akal.Tapi yang akan selalu saya ingat adalah moment-moment kebersamaan, teknik-teknik fotografi dan yang paling penting adalah pelajaran hidup yang jarang kita dapatkan di sekolah. Ya, pelajaran hidup antara lain; kedisiplinan, kekeluargaan, dan pentingnya kerjasama tim yang sering saya terapkan jika ada penugasan di suatu acara. Oya... tadi saya sebut soal penugasan saat ada acara ya? Hmm...penugasan sih biasanya untuk anggota fotografi. Tapi, pada waktu itu saya masuk tim inti fotografi. Jadi, pada setiap acara saya diberi tugas untuk pengambilan gambar acara tersebut yang nantinya akan digunakan oleh sekolah. Bila kalian penasaran dan ingin ikut penugasan sih bisa aja.Tapi, kalian harus bisa menguasai kamera kalian dan tahu teori dasar fotografi seperti angle, exposure dan cara memegang kamera yang benar tentunya.

Untuk pengalaman penugasan di lapangan, tidak dapat saya kisahkan semuanya. Ada kegiatan yang terjadi hanyapada jam tertentu atau bahkan saya juga harus nginap di sekolah demi menjalankan tugas itu. Bahkan saya jadi hafal betul situasi pada saat penugasan. Dari yang suasananya ramai sekali, sepia tau suasana yang penuh dengan suasana religi. Adapula kegiatan-kegiatan adventure atau di luar sekolag, wahhhhh seru sekali.

Saya senang ikut ekskul fotografi karena sungguh diperkaya akan banyak hal. Walau banyak tantangan terus menghadang terkadang kita jatuh tak berdaya, namun percayalah semua itu dalam rangka proses menjadikan dirimu lebih kuat dan menjadi pribadi yang lebih baik. Sudah berapa kali saya terjatuh, dan saya tetap bangkit. Meski itu tak mudah, percayalah Tuhan akan membantumu. Ekspresikan bakatmu dalam fotografi.

 

Oleh:

Gusti Bagus Surya Gunawan (Kelas 9)

 







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :